Pages

Rabu, 04 Mei 2011

IMAN KEPADA MALAIKAT

             1 . Pengertian
                Kata malaikat adalah jamak dari malakun yang artinya utusan. Malaikat adalah makhluk gaib, yang asal kejadiannya dari nur(cahaya). Mereka memiliki akal dan tidak memiliki nafsu.oleh karena itu, mereka senantiasa patuh kepada allah swt. serta tidak pernah mendurhakai – Nya.
                Jumlah malaikat sangat banyak (Q.S. Al – muddassir : 31), bahkan mencapai tujuan, tetapi yang wajib dikethaui dan diimani ada sepuluh.
  1. a.    Malaikat Jibril

Malaikat jibril adalah penghulu para malaikat yang bertugas sebagai perantara untuk menyampaikan wahyu kepada para nabi atau rasul dengan kehendak allah swt.
  1. b.   Malaikat Izrail

Bertugas mencabut ruh (nyawa) semua makhluk, termasuk ruh para malaikat itu sendiri. Itulah mengapa malaikat ini disebut malaikat maut.
  1. c.    Malaikat Mikail

Bertugas memberi kemudahan atau rezeki kepada seluruh mahluk allah swt., khususnya manusia. Selain itu, malaikat mikail bertugas mendampingi malaikat jibril melaksanakan tugas – tugasnya, antara lain :
Ø Sewaktu membedah dada nabi muhammad saw., malaikat yang mengambilkan air sumur zamzam untuk mencuci hati nabi muhammad saw.
Ø Mendampingi malaikat jibril mengantarkan nabi muhammad saw. Pada saat peristiwa isra’ mi’raj.
  1. d.   Malaikat Israfil

Bertugas meniup sasangkala pada saat menjelang hari kiamat dan menjelang manusia dibangkitkan.
  1. e.    Malaikat Raqib

Bertugas mencatat atau membukukan segala ucapan dan amal baik manusia.
  1. f.      Malaikat Atid

Bertugas mencatat atau membukukan segala ucapan dan amal jahat manusia sekecil apapun.
  1. g.    Malaikat Mungkar dan Nakir

Bertugas mengadili dan menanyai di dalam kubur terhadap apa yang telah dilakukan atau diperbuat manusia pada masa hidup di dunia.
h.   Malaikat Malik
Bertugas menjaga neraka.
  1. i.      Malaikat Ridwan

Bertugas menjaga surga tempat manusia menerima imbalan dari ketakwaan dan amal shaleh.
Ø Beriman kepada malaikat akan memurnikan dan membebaskan konsep – konsep tauhid dari perbuatan syirik.
Ø Beriman kepada malaikat dengan meyakini bahwa malaikat juga makhluk ciptaan allah swt. akan membawa kesadaran kepada umat islam bahwa Yang Maha Kuasa semata – mata allah swt. Dengan meyakini keberadaan mereka sebagai makhluk allah, umat islam hanya akan meminta perlindungan dan pertolongan kepada allah swt.
Ø Dengan mengimani keberadaan malaikat dengan segala sifat –sifatnya akan dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal yang terbaik dan berlomba – lomba dalam kebaikan.

0 komentar:

Posting Komentar