Pages

Jumat, 06 Mei 2011

DAKWAH RASULULLAH SAW. PERIODE MADINAH

1.   Hijrah ke madinah
Pada tahun 621 M, 10 orang khazraj dan 2 orang suku aus menemui nabi muhammad saw. di aqadah. Mereka menyatakan diri masuk islam dan melakukan baiat kepada nabi muhammad saw. peristiwa ini disebut baiatul aqabah yang pertama. Pada musim haji berikutnya (622) sebanyak 75 orang rombongan haji dari madinah menemui nabi muhammad saw. di aqabah. Mereka mengajak nabi muhammad saw. hijrah ke madinah. Pada waktu itulah terjadi baiatul aqabahyang kedua.

Setelah baiatul aqbah kedua ini rasulullah mengizinkan kaum muslimin melakukan hijrah ke madinah. Kaum muslimin pergi ke madinah dlam beberapa rombongan secara berangsur – angsur. Adapun nabi muhammad saw. masih tinggal di madinah sambil menunggu wahyu dari allah swt. untuk berangkat hijrah dengan ditemani abu bakar sidiq.
Nabi muhammad saw. tiba di quba pada hari senin, 20 September 622 M setelah berjalan selama tujuh hari. Di tempat ini, nabi muhammad saw. menetap selama 4 hari dan membangun sebuah mesjid yang bernama mesjid quba.
Pada hari jum’at, 24 September 622, meniggalkan quba. Di perkampungan bani salim nabi muhammad saw. mengimami salat jum’at pertama kali dalam sejarah islam. Sesampainya si madinah, nabi muhammad saw. di sambut oleh bani najjar yang masih memiliki kekerabatan dengan nabi muhammad saw. dari garis ibu.
Selanjutnya nabi muhammad saw. memanggil istrinya,saudah, kedua putrinya dan fatimah melalui anak angkatnya, zaid bin haritsah. Sejak saat itu nabi muhammad saw. tinggal di madinah serta mengembangkan dakwah di sana.
Nabi muhammad saw. diutus allah swt. untuk seluruh umat manusia, bukan hanya untuk orang arab saja. Allah swt. berfirman dalam al – qur’an surah al – anbiya ayat 107 :
107. Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.
Dakwah rasulullah saw. periode madinah berlangsung selama sepuluh tahun, semenjak tanggal 12 rabiul awal tahun pertama hijrah sampai dengan wafatnya rasulullah saw., tanggal 13 rabiul awal tahun ke – 11 hijrah.
Rasulullah saw. menyeru umat manusia di luar jazirah arabia agar memeluk gama islam, dengan jalan mengirimkan surat dakwah kepada para penguasa atau para pembesar mereka. Di antara pembesar negara yang di kirim syrat dakwah rasulullah saw. adalah :
Ø Heraclius, kaisar romawi timur
Ø Muqauqis, gubenur romawi di mesir
Ø Syahinsyah, kaisar persia.

0 komentar:

Posting Komentar